Buku Tahafut At Tahafut Pdf Karya Ibnu Rusyd

Kali ini Ado posting buku Karangan Ibnu Rusyd yang berjudul Tahafut At Tahafud. Bagi SoDo pecinta filsafat atau logika, buku ini cocok untuk dibaca dan dijadikan koleksi. 


Buku Tahafut At Tahafud ini, menurut banyak pemikir, merupakan untaian sanggahan terhadap buku karangan Imam Al-Ghazali yang berjudul Tahafut Al-Falasifah yang Ado juga membagikan kepada SoDo. 

Ibnu Rusyd dalam Tahafut At Tahafut ini membangun sanggahan terkait asumsi Imam Al-Ghazali atas argumen yang ditetapkanmya dalam 20 persoalan. Terdapat tujuhbelas masalah yang oleh Al-Ghazali dikategorikan sebagai bid’ah.

Selanjutnya, Al-Ghazali juga menyimpulkan tiga perkara yang dinilai sebagai perkara yang menyebabkan kepada kekufuran. Ketiga hal tersebut yaitu menyangkut pendapat filsuf bahwa alam itu azali atau qadim (eternal in the past), pendapat filsuf bahwa Tuhan tidak mengetahui hal-hal partikular (juz’iyyat), dan terakhir adalah paham filsuf yang mengingkari adanya kebangkitan tubuh di hari akhirat.

Menariknya, Ibnu Rusyd membangun argumen dalam buku Tahafut At Tahafut ini dengan ketajaman berpikir rasional yang dapat diselaraskan dengan penafsiran agama. Tentu saja penafsirannya tidak lepas dari dasar Al-Quran dan As-Sunnah. Bahkan, Ibnu Rusyd dalam buku ini mempertegas kesimpulan bahwa para filsuflah yang mempunyai kemampuan untuk menguak rahasia Alquran sekaligus mentakwilkannya.

Dalam buku Tahafut At Tahafut ini, Ibnu Rusyd membangun kerangka pikir untuk melakukan klarifikasi atas pandangan Al-Ghazali. Pembelaan Ibnu Rusyd terhadap para filsuf dilakukan dengan mengklarifikasi eksistensi filsafat dan merekonstruksi kerangka hubungan dengan agama.

Dalam nalar logika yang terbangun dalam Tahafut At Tahafut, Ibnu Rusyd menilai bahwa seruan mempelajari syariat ialah sesuatu yang benar, sebab syariat merupakan jalan hidup yang benar. Tidak diketemukan pertentangan antara syariat dan filsafat. Lebih dalam lagi, menurutnya agama menyerukan umat manusia untuk berpikir dan berfilsafat. Dalam kata lain, kebenaran tidak akan bertentangan dengan kebenaran yang lain.

Jika SoDo ingin memahaminya secara seksama, sekaligus mengasah nalar untuk mendalami filsafat, maka buku Tahafut At Tahafut ini layak menemani SoDo dalam menyelami kedalaman akal. Silahkan unduh!

0 Response to "Buku Tahafut At Tahafut Pdf Karya Ibnu Rusyd"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2